17 April 2010

Kedaan Iklim Asia Tenggara Dan Pengaruh Terhadap Keadaan Masyarakatnya


Iklim dapat diartikan sebagai keadaan rata-rata cuaca pada suatu kawasan yang luas dan dalam jangka waktu yang lama (biasanya dapat berubah secara bertahap dalam11 hingga 30 tahun ). Iklim memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia baik dalam bidang politik, ekonomi, pertahanan, social maupun kebudayaan dalam suatu Negara atau kawasan tertentu. Iklim lah yang umumnya menentukan dominasi-dominasi mata pencaharian tertentu dari suatu Negara-negara berkembang maupun Negara miskin.

Pada umunya iklim asia tenggara secara garis lintang dan bujur merupakan iklim tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi. Angin yang bertiup dari asia tenggara datang dari dua arah yang berlainan dalam musim-musim yang berbeda dan membawa hujan yang kearah yang berbeda pula.


Peranan Iklim Di Bidang Pertanian asia tenggara.

Di asia tenggara yang sebagian besar penduduknya masyarakat agraris yang bergerak di sektor pertanian, baik Negara ATM seperti Indonesia, Filiphina, dan Timor Leste, maupun Negara-negara ATD seperti Vietnam, Thailand, Myanmar Dan Laos. sifat-sifat iklim Asia tenggara seperti suhu, curah hujan, dan musim sangat berpengaruh positif terhadap perkembangan pertanian.
Begitu pula di bidang perikanan atau kelautan, faktor iklim seperti cuaca, suhu, dan musim sangat berpengaruh, baik terhadap para nelayan maupun ikan yang akan di tangkap. Pada umumnya para nelayan mengerti benar tentang keadaan cuaca, terutama yang behubungan dengan angin dan musim. Dengan pengetahuan yang dimiliki mereka tahu kapan datangnya angin musim barat dan angin musim timur. Pada saat berhembus angin barat mereka sangat berhati-hati dalam menangkap ikan di laut. Karena musim angin barat sering menimbulkan gelombang besar yang membahayakan mereka. Dan mereka juga tahu mengenai tanda-tanda alam seperti akan datangnya badai yang besar, sehingga mereka tidak akan turun ke laut untuk menangkap ikan.

Peranan Iklim Di Bidang Transportasi

Faktor-faktor cuaca dan iklim mempunyai peranan yang besar tehadap bidang transportasi. Seperti cuaca, suhu, arah dan kecepatan angin, awan, dan kabut sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan dan jenis transportasi yang di gunakan di asia tenggara. Selain berpengaruh terhadap penerbangan, faktor cuaca dan iklim berpengaruh pula terhadap transportasi laut. Seperti arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, badai dan lain-lain.

Di Jakarta dan beberapa kota di Negara asia tenggara lainnya transportasi sering terganggu akibat banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Peranan Iklim untuk Pariwisata

Faktor cuaca dan iklim berpengaruh pula terhadap bidang pariwisata. Seperti cuaca cerah, banyak cahaya matahari, kecepatan angin, udara sejuk, kering, panas, dan sebagainya sangat mempengarui terhadap pelaksanaan wisata, baik wisata darat maupun laut. Dengan kondisi seperti yang telah disebutkan, maka pelaksanaan wisata akan semakin dinikmati.
Karena cuaca yang nyaman banyak wisatawan Negara-negara subtropis, sedang serta dingin yang berlibur kenegara-negara asia tenggara yang beriklim tropis, seperti ke bali (Indonesia), Puket (Thailand), singapura, Cianh may (Thailand)

1 komentar:

iklim dunia mengatakan...

Wah keren banget nih artikelnya saya baru tahu tentang iklim di asian tengggara ternyata seperti itu

Poskan Komentar

putcrates

putcrates
putcrates